Pharrell Williams and his G I R L

Pharrell Williams, satu dari banyak musisi yang saya kagumi.Pharrell at Oscar 2012

Seorang penyanyi-rapper, produser, penulis lagu, designer dan…seorang vampire. Iya, vampire. Lantaran terlihat masih sangat muda untuk seseorang yang berumur di atas 40 tahun, banyak fans dan media yang membuat joke bahwa Pharrell adalah vampire(FYI : vampires don’t age).

Namun bagi saya, dia adalah seorang genius, musical genius. Karya yang ia hasilkan, ciptaan yang melibatkan campur tangannya menunjukkan sesuatu yang dikerjakan dengan passion, kreatifitas dan pengetahuan musikal tinggi tapi hasilnya tetap enjoyable.

Selama ini saya lebih sering menjumpai Pharrell lewat  lagu-lagu penyanyi lain yang berembel-embel “featuring Pharrell”. Sebutlah yang paling terakhir saya dengarkan : lagu Celebrate yang dinyanyikan Mika, lagu milik Robin Thicke dengan video klip kontroversial Blurred Lines , dan lagu disko-funk paling asik sepanjang 2013  : Get Lucky & Lose Yourself To Dance yang ada di album Daft Punk. Semua lagu itu sangat gampang diterima kuping saya, sedikit-banyak pasti karena efek keterlibatan Pharrell Williams di lagu-lagu itu.

Belakangan Pharrrell memang lebih aktif berkarya sebagai produser dan berkontribusi dalam pengerjaan album banyak artis. Sementara ia sendiri baru mengeluarkan satu album solo di tahun 2006 lalu.

Saya jadi penasaran, ingin mendengarkan lagu yang benar-benar “utuh” dari seorang Pharrell. Bukan sekedar lagu yang featuring Pharrell.

Dan bulan ini, rasa penasaran saya akhirnya bisa diakhiri. Tiga Maret lalu Pharrell Williams merilis album baru bertajuk G  I  R  L .

source : pharrellwilliams(dot)com

G  I  R  L berisi 10 lagu termasuk Happy, OST Despicable Me 2 yang masuk nominasi oscar kategori best original song.

Pharrell yang awalnya tenar sebagai rapper sama sekali tidak nge-rap di album ini. Album yang didedikasikan kepada perempuan ini dibuka oleh track berjudul Marilyn Monroe yang menyertakan aransemen string yang emosional di bagian intro. Disusul Brand New sebuah lagu featuring Justin Timberlake. Ini bukan tipikal lagu yang bisa langsung bikin jatuh cinta saat pertama didengar. Kalau sedang tak acuh dengan liriknya, mungkin bakal mebosankan karena sesak dengan irama beatbox, terompet, gitar funk yang semuanya dominan.

Kemudian ada Hunter , lagu yang groovie dan bernuansa retro. Lagu ini mengingatkan saya pada Still Alive milik Bee Gees. Mungkin karena unsur retronya setipe.

Berduet dengan Alicia Keys dalam Know Who You Are, Pharrell menyuguhkan lagu bergaya reggae dengan chorus yang catchy  :I know who you are and I know what you’re feeling…” Jujur, menurut saya, part yang dinyanyikan Alicia di lagu ini malah terdengar lebih menarik daripada part-nya Pharrell.😀

Dan dan dan…..satu favorit saya, lagu di album ini yang saya putar lebih sering dari lainnya : Gust of Wind feat. Daft Punk. Mungkin semacam kolaborasi timbal balik, kini giliran The Robots yang jadi featuring artist di album Pharrell. Lagunya sih (lagi-lagi) funk dengan sedikit aransemen string tapi punya kekuatan membuat pendengarnya (minimal) mengangguk-anggukan kepala mengikuti iramanya. Danceable!

Oya, ada lagu duet lain dalam album ini yaitu Come Get It Bae feat Miley Cyrus. Mengalir dengan sentuhan country-funk-RnB(?) <– ngarang nama genre sendiri. Belakangan image yang ditampilkan Cyrus di panggung memang cenderung terkesan negatif. Namun  Pharrell sepertinya tetap melihat (dan mempercayai) musikalitas Miley Cyrus, tak seperti mereka yang nge-judge karena melihat dari satu sisi saja. Di satu artikel yang sempat saya baca, Pharrell berkomentar tentang Miley Cyrus “She’s 21, more talented, more edge and such a big heart that you just would never even imagine….And I’m telling you now again, you have no idea who this girl is and what she’s about to do.” (sumber: capitalfm)
Ya, sikap open-minded seperti ini yang menginspirasi saya. Hanya karena seseorang di-judge negatif bukan berarti relasi dan pandangan kita pada orang tersebut harus terpengaruh.

Eeeh?? ini kenapa jadi kayak review album yaak? padahal niat awal nulisnya nggak gitu..heheheh

Baiklah mari sudahi sampai di sini saja. Gejala serangan asam lambung saya yang meningkat mulai muncul kembali..hiiks..

pharrell

“I’m a fan of music, first and foremost. So I do things from the perspective of a fan.”

Btw, siapa salah satu penyanyi favoritmu?

Siapapun itu pastilah dia mempunyai sisi inspirasional yang bisa diteladani yaa.. 🙂

.:. Happy Weekend ^^

7 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s