Gangguan Menyebalkan Saat Menonton Film di Bioskop

Anda gemar ke bioskop untuk menikmati film-film terbaru? *saya juga, kadang-kadang, hanya film-film tertentu😀 *

Menonton film terbaru dengan layar lebar dan audio yang menggelegar  memang seru dan memberikan sensasi tersendiri. Meskipun sekarang ini film baru bisa didownload lewat internet dan DVD bajakan juga sudah masih ada dimana-mana, nyatanya peminat bioskop masih cukup banyak. Terlebih jika ada film-film yang tergolong fenomenal semacam Twilight Saga, Harry Potter atau Iron Man, antrian untuk beli tiket di minggu-minggu awal pemutaran bisa mengular sampai luar bioskop. Yaa sepertinya ada kepuasan tersendiri yang didapat saat bisa menonton film teranyar di awal pemutaran.

Antrian The Avengers XXI Jogja

*Suasana saat saya antri bersama nunagallo waktu mau nonton The Avengers. Kami pikir sudah datang awal, bahkan datang sebelum loket dibuka. Sampai TKP ternyata sudah banyak juga calon penonton (dan calo) yang antri*

Bagi sebagian orang, menonton film di bioskop merupakan alternatif hiburan yang mengasyikkan. Bahkan ada yang menjadikannya aktivitas rutin di akhir minggu sebagai sarana refreshing. Namun kadang niat untuk mendapatkan hiburan dari film yang ditonton juga bisa terganggu oleh hal-hal yang tidak mengenakkan yang terjadi saat menonton film, misalnya:

  • Dering Handphone(HP)

Pasti menyebalkan kalau mendengar dering panggilan HP saat menonton film di bioskop. Apalagi kalau volumenya keras cetar membahana dan  terdengar saat adegan film sedang seru-serunya,  menegangkan, atau sedang adegan memilukan. Konsentrasi kita pasti terganggu karena biasanya kita akan refleks menoleh ke sana-sini mencari sumber bunyi tersebut. Lebih mengganggu lagi jika dering itu tak kunjung henti karena si pemilik nggak sadar kalau itu bunyi HP-nyanerd lupine.

Jadi sebaiknya selalu cek dan pastikan HP Anda dalam mode silent sebelum film dimulai.

  • Para Gadget Maniac

Namanya juga gadget maniac kapan pun di mana pun pasti pengen keep in touch terus sama gadgetnya, sampai-sampai saat nonton film di bioskop juga masih utak-atik gadget. Mungkin mereka nggak sadar kalau cahaya layar gadget mereka bisa mengganggu penonton lain. Adanya cahaya di tengah ruangan yang gelap pasti akan mengalihkan mata dari film. Kalau gadgetnya berupa HP mungkin masih bisa ditolerir ya, tapi kalo tab 7inch? 10inch? Pasti terang benderang kan itu? Satu lagi, mereka ini juga pasti nggak sadar bahwa muka mereka saat tersorot cahaya layar gadgetnya itu sangat menyeramkan!

Selama menonton film, lebih baik kalau Anda menahan sebentar keinginan untuk utak-atik HP atau gadget berlayar lebar, toh cuma buat sekitar 2 jam.

  • Berbicara atau Mengobrol

Berbicara, baik dengan teman nonton di sebelah maupun bicara sendiri(?) adalah aktivitas yang sebaiknya tidak dilakukan di tengah menonton film. Kalau sesekali mungkin masih wajar tapi kalau sampai bicara terus menerus bahkan sampai menjadi obrolan tentunya akan sangat mengganggu penonton lain di sekitarnya.Dan berikut ini beberapa jenis ‘pembicara’ yang mengganggu:

a. Si Komentator Ulung

Seseorang yang doyan berkomentar apa saja soal segala hal yang muncul di layar.

b. Si Spoiler

Biasanya ini adalah orang yang sudah menonton filmnya atau sudah tahu versi novelnya. Dan dia nggak bisa menahan diri untuk membeberkan isi filmnya . Nggak seru banget kan kalau di tengah nonton film kita denger “Nanti endingnya dia mati “.

c. Si Penanya Segalanya

Penonton yang menanyakan segala hal yang dia lihat di film ke partner nontonnya.  Saya menjumpai penonton macam ini waktu menonton “The Avengers”. Saat itu di sebelah kanan saya ada cowok dan di sebelah kanannya lagi (kayaknya) pacarnya. Hampir sepanjang film si cewek teruus menanyai cowoknya.

“Jadi Thor sama Loki sodaraan?”, “Lhoh kok ada Iron Man?”, “Kekuatannya si Hulk tu jadi raksasa ya?” daaaan masih banyak pertanyaan lainnya. Parahnya sang cowok adalah tipe b. Jadi klop banget deh mereka ini, yang satu tanya-tanya terus, yang lain ngasih tahu panjang lebar. Saya sampai gemes! calm down crazy rabbit. Saat itu rasanya saya pengen pindah tempat duduk jadi di tengah-tengah mereka hahaha..

  • Makanan

Memang nggak ada larangan untuk ngemil sembari nonton, malah seru banget kalau nonton film sambil makan popcorn, nachos, potato chips, kripik dan semacamnya. Hanya saja bunyi kresek2 saat membuka kemasan makanan dan suara kriuk-kriuk saat mengunyah kripik itu lhoh lumayan berisik.

  • Selonjor

Tempat duduk bioskop sudah di desain sedemikian rupa agar penonton nyaman. Namun biasanya ada penonton yang merasa kurang nyaman juga lalu menelonjorkan kakinya ke sandaran kursi depannya. Lebih mengesalkan lagi kalau kaki itu diguncang-guncang sampai menimbulkan gempa lokal bagi yang duduk di kursi depannya.

Begitulah gangguan yang biasanya ada saat menonton film di bioskop berdasarkan pengalaman saya.  Gangguan semacam ini  bisa kita atasi kok kalau kita fokus nonton dan bersabar.

Iya, karena sabar adalah solusi berbagai masalahmagic right crazy rabbit.

.:: Auf Wiedersehen

4 comments

    1. Iya Mba Nella..pada lesehan, baca koran, ngobrol krn jam buka loketnya memang msh lama..
      Ah setuju aku, Mba! mndg ntn DVD aja mereka ni..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s