[KulinerJogja] Dimsum Parsley Bakery & Resto

Maret 2013, waktu itu saya pengen makan Dimsum, terus cari-cari info info deh di mana bisa nemu dimsum di Kota Gudeg ini.

Setelah berselancar di pantai Kuta dunia maya, saya dapet info beberapa tempat yang menyajikan menu dimsum yaitu X.O Suki & Dimsum, Serayu Chinese Resto, Silla dan Parsley.

Well, lokasi pertama langsung saya eliminasi demi stabilitas keuangan saya sebagai anak kost, soalnya beberapa temen bilang harga menunya mahal.

Lokasi kedua saya coret juga karena ternyata tempatnya ada di dalam hotel, Grand Quality Hotel. Kalau Silla itu Korean, Chinese & Japanese resto, saya ada niat ke sana juga sebenernya, tapi buat makan bulgogi, jadi kapan-kapan aja. *kapaaaan??*.

Akhirnya pilihan jatuh ke Parsley, Parsley Bakery and Cake Shop. Cari dimsum di bakery and cake shop?? kedengerannya memang rada aneh. Di Jogja, Parsley ini memang terkenal sebagai bakery and cake shop, tapi sebenarnya Parsley sudah memperluas usahanya menjadi bakery & resto dan memiliki beberapa cabang.

Parsley yang saya datangi bersama seorang teman ini letaknya di jalan Laksda Adisucipto KM 6 no 29. Cabang ini cenderung menyajikan modern oriental cuisine. Sedangkan cabang lain di Jalan Kaliurang cenderung ke menu western & Indonesian. Kalau untuk cake, pastries dan rotinya sendiri, Parsley juara deh. Menurut saya rotinya enak dan fresh.

Resto Parsley di Jl. Laksda Adi Sucipto ini ada di lantai 2(lantai bawahnya merupakan bakery & cake shop). Tempatnya cukup luas dan saat itu tidak begitu ramai. Hanya beberapa meja yang nampak sudah ditempati dan reserved. Tapi justru beberapa meja itu yang ingin saya tempati, soalnya dekat jendela dan bisa lihat pemandangan luar. Hehehe.. sepele memang tapi nggak tahu kenapa rasanya seneng aja sama spot yang pemandangannya nggak terbatas Luckily, waitress sepertinya menangkap keinginan tersirat saya itu. Akhirnya dia mempersilakan kami menempati satu meja yang sebenernya reserved .

Seperti umumnya tempat yang menyajikan masakan oriental,  Parsley menawarkan dimsum, mie, kwetiaw, sayur, sup dan semacamnya. Tapi nampaknya menu andalan resto ini adalah bebek peking. Bebek peking di sini bisa ditebus dengan 3 lembar uang kertas bergambar proklamator RI *hew!*.  Karena memang niat makan dimsum maka kami pesen dimsum. Dimsum adalah hidangan yang berasal dari Kanton, Cina Selatan. Bentuknya mungil, disajikan di dalam kukusan bambu(kecuali yang digoreng) dan merupakan teman minum teh.

Di Parsley ada sekitar 20 macam pilihan dimsum. Tapi ada penjelasan di setiap menunya jadi bisa mengurangi kebingungan saat pilih-pilih menu.

Pilihan kami saat itu adalah Hakau, Cumi Rambutan, Char siew Pao, Siew Mai Scallop, dan Chinese Tea. Sembari menunggu pesanan, ada free snacks kacang telur dan acar yang bisa dicamil-camil.

Nggak lama kemudian minuman datang. Chinese Tea. Kalau gelas tehnya sih memang kecil ala Cina gitu.  Rasanya? seperti teh tapi teh ini sepet(pahit)nya pas dan aroma tehnya kuat. Free refill karena teh disajikan sama pocinya.

Chinese Tea @ Parsley

Chinese Tea @ Parsley

Selanjutnya dimsum pun berdatangan, dilengkapi 3 macam saus.

Saus pedas manis, kecap-rawit, saus sambal

.::Hakau (Steamed Prawn Dumpling)

Hakau ini kulitnya sangat tipis, nyaris transparan. Isinya udang yang sudah dikupas.

Hakau 10k

.::Cumi Rambutan

Bentuk luarnya memang semrawut kayak rambutan, tapi kalau serabut-serabut chrisy itu sudah dimakan bakal ada bola-bola dengan rasa cumi yang enak.

Cumi Rambutan(3 buah) 10k

.::Car Shia Pau

Kalau ini semacam bakpau. Isinya ayam kalau nggak salah *lupaa*

Car Shia Pau 10k

.::Siew Mai Scallop

Dari semua pesanan, ini yang menurut saya paling enak. Scallopnya nggak pelit.

Siew Mai Scallop 12,5k

Meski tenar di bakery, ternyata sajian dari resto Parsley tidak mengecewakan.  Semua dimsum yang saya coba rasanya enak dan isiannya(udang, scallop) memuaskan. Harganya juga terjangkau, dimsum mulai 10ribu-20ribu. Oya ada Tax 10% dan kalau kurang kenyang, pas turun ke lantai 1 ada aneka roti, cake, dan kue kering yang bisa diborong.

.:: Auf Wiedersehen

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s