Orchestra Concert with Guest Conductor Kanako Abe

Sabtu malam tanggal 13 April kemarin saya nonton konser orkestra lagi. Masih di tempat yang sama saat saya nonton f-hole string orchestra concert yakni di Concert Hall kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja. Bareng orang yang sama juga, si penggemar waferwink lupine. Bedanya kali ini tidak string concert tapi full orchestra concert.

Konser ini bertajuk Gala Concert with Guest Conductor Ms. Kanako Abe. Diselenggarakan oleh Kelompok Kegiatan Mahasiswa(KKM) Orkes Mahasiswa(OM) ISI. Well, saya juga nggak kenal siapa Kanako Abe tapi dari namanya, beliau pasti orang Jepang.

Selain menghadirkan konduktor dari luar negeri, yang menarik adalah konser ini gratis. Ini membuktikan kalau konser orkestra ditujukan untuk berbagai kalangan dan bisa dinikmati oleh siapa sajathumb up lupine. That’s why I love Jogja so much. Banyak event bermutu di kota ini yang tidak melulu bertujuan komersil. Banyak acara seni-budaya yang bisa diapresiasi tanpa dipungut biaya.

Curhat dikit: Malam itu pulang dari gereja, kami langsung menuju lokasi. Kami tidak telat, konsernya belum mulai, baru sambutan *ini telat juga ya namanya? hehehe*. Saat mengisi buku tamu kami diberitahu bahwa concert hall sudah penuh *resiko acara gratisan -peminatnya banyaak*. Jadi kami langsung menuju tribunnya untuk menonton dari atas. Di sana tidak kalah penuh, banyak orang berdiri padahal sebagian kursinya masih kosong. Belakangan, setelah saya menempati kursi itu, saya tahu kenapa kursinya kosong. Karena kalau menempati kursi itu nggak bisa melihat panggungnya kecuali berdiri. Padahal itu masih kursi deretan depan lhosad lupine.

Saya jadi merasa tribun ini malafungsi. Bagaimana bisa duduk di tribun deretan depan tapi panggungnya tidak terlihat secara keseluruhan?? Alhasil penonton banyak yang berdiri atau maju ke depan memilih duduk melantai di belakang pagar tribun, meskipun tanpa kursi yang pasti dari situ panggungnya bisa terlihat.

Nonton dari Atas

Saat itu saya pun lebih sering berdiri agar bisa melihat Ms Kanako Abe rose lupine. Beliau ini memang memiliki gaya conducting yang menarik. Tangannya lincah, wajahnya ekspresif, dan gerak tubuhnya seperti mampu mengajak semua  anggota orkestra untuk bermain powerful tapi tetap pakai hati.

Kanako Abe adalah wanita kelahiran Osaka yang memulai debutnya sebagai konduktor sejak 2003*bookletnya bilang begitu*. Malam itu, Beliau bersama anggota OM ISI membawakan 3 repertoire yaitu  il Barbiere di Segvilia milik Rossini, Peer Gynt Suita no 1 karya Edward Grieg dan Simfoni no. 8 dari Antonin Dvorak. Repertoire ketiga ini paling panjang karena terdiri dari 4 movement.
Di penghujung acara, ada pertunjukan spesial berupa paduan suara yang dipersembahan untuk Ms Kanako Abe. Paduan suara ini milik Kazuko Abe, Ibu dari Kanako Abe. Tak heran semua anggota paduan suara itu sudah ‘berumur’. Mereka menyanyikan lagu Bengawan Solo diiringi piano. Pertunjukan itu pun mengundang tepuk tangan seisi concert hall. Sekaligus mengundang tawa karena mereka seperti membawakan Bengawan Solo dalam logat Batak. Semua abjad ‘e’ dalam liriknya dibaca seperti membaca huruf ‘e ‘pada kata ‘lele’.Selain bengawan Solo mereka juga menyanyikan lagu berbahasa Jepang *entah apa saya nggak mudheng*

Tapi tetep, bagi saya semuanya keren, salut sama mereka yang bisa kerjasama dan tampil bareng Ms. Kanako Abe. Katanya mereka akan mengadakan konser lagi bulan September mendatang.

.:: Auf Wiedersehensmile lupine

15 comments

    1. sama, Mas..saya jg nggak kenal😀
      Kl nonton dr atas dan paling depan enak, Mas..tp kl kasus saya ini agak terganggu krn nggak bisa lihat panggungnya secara keseluruhan..🙂

  1. Liat tribunnya jadi inget dulu pas nonton konser apaa gitu di sana..
    Btw gw jadi penasaran sm ‘orang yang sama juga, si penggemar wafer’ hahahaha😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s