Warna-warni Gong Xi Fa Cai di Taman Pelangi

Tanggal 10 Februari lalu saya berkesempatan mengunjungi Taman Pelangi. Selain karena belum pernah ke tempat ini, malam itu saya sengaja berkunjung karena pengen nonton Barongsai. Kebetulan saat itu di Taman Pelangi ada acara perayaan tahun baru imlek yang menampilkan pertunjukan Barongsai , live music, dance performance, dan penerbangan lampion. Meski tidak ada darah Tionghoa dalam diri saya, saya sangat suka tradisi tahun baru imlek, suka dengan nuansa serba merah, dan juga kemeriahannya. Apalagi sama Barongsai yang menurut saya sangat imut kalau berkedip-kedip *pengen miara barongsai, tapi kok pakannya angpau (- -) *

Taman PelangiTaman Pelangi merupakan Jogja Night Recreation alias tempat hiburan malam, soalnya buka di malam hari, yaitu jam17.00-22.00 pada Weekdays (Senin-Kamis) dengan HTM 10ribu dan jam 17.00-23.00 pada Weekend (Jumat-Minggu) dengan HTM 15ribu. Lokasinya di area Monumen Jogja Kembali (Monjali) Jalan Raya Ring Road Utara, DIY. Taman ini baru(?) diresmikan bulan Desember 2011 lalu. Namun Monumen Jogja Kembalinya sendiri dari dulu sudah merupakan tempat wisata berupa museum sejarah perjuangan kemerdekaan RI.

Daya tarik utama taman pelangi adalah banyaknya lampion berbagai bentuk dan ukuran, karena itu tempat ini di sebut juga Taman Lampion. Tempat ini cocok dikunjungi semua kalangan dari mulai anak kecil sampai orang dewasa, dari yang single, berpacaran, sudah berkeluarga atau yang complicated, hehe…

Lampion Naga

Lampion Naga

Selain lampion yang beraneka rupa, disediakan juga berbagai fasilitas seperti wahana permainan, pertunjukan-pertunjukan, pemancingan, dan area kuliner(foodcourt).

Kesan saya saat mengunjungi taman ini adalah ternyata areanya cukup luas dan pemandangan malam yang diciptakan lampionnya sangat memanjakan mata. Ada lampion yang menggantung, berdiri di tanah, dan mengambang di kolam. Ada yang berbentuk bunga, macam-macam keajaiban dunia, karakter kartun, tokoh proklamasi, dll. Dan karena pertunjukan barongsai belum dimulai, saya lalu berkeliling di sana, melihat-lihat lampion dan semua yang ada di taman pelangi. Setelah puas gempor saya lalu duduk-duduk di depan panggung, saat itu ada band yang lagi pentas. Anggotanya anak SMP dengan vokalis cewek yang bersuara ala Tantri Kotak, mereka membawakan lagu Ni Yau Te Ai. Meski dibawakan dengan lirik yang seadanya, lagu ini berhasil mengingatkan saya ke jaman saya SMP saat demam F4 karena Ni Yau Te Ai adalah Ost penutup serial Meteor Garden kegemaran saya. Sampai sekarang saya bahkan masih hafal liriknya Wo ming bai Wo yao de ai..Hui ba wo chong huai….Btw Tao Ming Se apa kabarnya yaa?!😀

Oke! sudahi ngelanturnya, lupakan Tao Ming se dan kembali ke barongsai!

Liong Putra MataramSetelah live music berakhir, akhirnya tiba juga giliran pertunjukan barongsai yang saya tunggu. Pertunjukkan diawali dengan tari Liong atau Naga. Tari ini juga merupakan tarian tradisional Tionghoa yang sering memeriahkan imlek. Dalam tarian ini, belasan penari dari sanggar Putra Mataram mengangkat naga dengan tongkat kemudian meliuk-liukannya.

Setelah tari liong, pertunjukan Barongsai pun dimulai. Barongsai merupakan pertunjukan khas tahun baru imlek dan Cap Go Meh, berupa tarian singa tangkas yang identik dengan atraksi menelan angpau yang diulurkan penonton. Dua tarian tersebut menurut saya keren karena untuk melakukannya selain butuh ketrampilan individu, juga butuh kekompakan dan kerjasama yang baik dari pemainnya.

Barongsai

Barongsai

Acara berlanjut dengan penerbangan lampion ke udara. Lampion yang dilepas ke udara melambangkan doa yang dipanjatkan terbang sampai ke langit.

Lampion Terbang

Lampion Terbang Taman Pelangi

Me…@ Taman Pelangi

Dan ini beberapa foto lampion-lampion di Taman Pelangi:

.:: Auf Wiedersehen… Wo se cen te cen te hen ai ni, Barongsai😀

8 comments

Tinggalkan Balasan

