Mari Menjamur

Ini dia salah satu tempat berjamur di Jogja. Namanya Jejamuran, resto dengan menu serba jamur yang berlokasi di Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Di perempatan Beran Lor jalan Jogja-Magelang km 10 ada plangnya, tinggal ikuti plang penunjuk lokasi Jejamuran ke arah timur kurang lebih 800m. Di tempat ini kita bisa menyantap beraneka jamur yang diolah menjadi berbagai menu lezat.

Selain menikmati menu jamurnya, di Jejamuran kita juga bisa melihat pembudidayaan jamur. Ada beraneka jamur yang dibudidayakan di berbagai media tanam, lengkap dengan nama dan manfaatnya.

Jamur Merang JeJamuran

Jamur Merang JeJamuran

Jamur merang : Jamur ini biasa tumbuh ditumpukan jerami yang membusuk pada saat musim panen padi. Dapat dibudidayakan dengan menggunakan jerami atau merang atau serbuk gergaji kayu. Jamur ini sering diolah untuk campuran soup dan tumis jamur.

Jamur Tiram Jejamuran

Jamur Tiram Jejamuran

Jamur Tiram : Disebut juga oyster mushroom karena bentuknya seperti cangkang kerang atau tiram. Jamur yang satu ini banyak diolah menjadi kripik jamur chrispy dan sate jamur.

Jamur Lingzhie Jejamuran

Jamur Lingzhie Jejamuran

Jamur Lingzhie : Ini jamur yang terkenal sebagai obat. Dipercaya mengandung zat pencegah kanker dan bisa meningkatkan kebugaran bagi yang mengonsumsinya.

Jamur Kuping Jejamuran

Jamur Kuping Jejamuran

Jamur Kuping : Jamur ini memiliki kandungan protein dan vitamin yang cukup tinggi serta bebas kolesterol. Sering dijadikan bahan campuran soup jamur. Selain itu jamur kuping hitam juga berkhasiat sebagai obat sakit jantung.

Okee..giliran jamur matengnya sekarang😀 . Banyak sekali menu yang bisa dipilih di Jejamuran. Ada Sop Jamur, Jamur Chrispy, Rendang Jamur, Tongseng jamur, Lumpia jamur, Sate Jamur, Jamur bakar pedas, bahkan Tom Yum Jamur. Semuanya enak *tapi saya agak kapok sama pepesnya, terlalu lunak..hehe*

Sop Jamur jejamuran

Sop Jamur jejamuran

Sop jamur ini isinya beberapa jamur, sayuran dan bakso. Dulu saya kira bakso ikan soalnya rasanya bener-bener seperti bakso ikan *suwer deh*, belakangan saya baru tau kalau itu bakso dari jamur juga.

Jamur Asam Manis Jejamuran

Jamur Asam Manis Jejamuran

Jamur Chrispy jejamuran

Jamur Chrispy jejamuran

Jamur chrispy jejamuran termasuk menu andalan Jejamuran saya. Jamurnya bisa milih antara oyster atau (kalau nggak salah) shitake, disajikan dengan saus sambal sachet. Sedangkan jamur asam manis di sini adalah jamur chrispy disiram saus asam manis, potongan nanas, tomat dan bawang bombay. Oya Jamur bakar pedas dan sate jamurnya juga wajib dicicipi. So damn yummy! Menu makanannya seharga mulai dari 8ribuan saja sodara.

Jamur Bakar Pedas Jejamuran

Jamur Bakar Pedas Jejamuran

Minumannya juga macem-macem, saya suka pesan yang serba teh di sini:  Mint Tea(recomended), Honey Lime Tea, Lemon Tea, Ice Tea. Tapi di sini ada satu minuman yang terbilang sudah jarang ditemui yakni Saparilla, konon rasanya seperti limun. Saya sendiri belum pernah coba :p

Sudah beberapa kali saya ke Jejamuran karena bagi saya rasa menu-menunya sangat ngangenin, dan setiap saya ke tempat ini rasanya nggak berubah, selalu enak dan pelayanannya juga cepat. Yang berubah di sini hanya tempatnya yang diperluas dan buku menunya yang berubah karena harga-harganya update terus. Oya harga belum termasuk pajak sebesar 10%. Kalau dateng pas weekend dan saat jam makan siang, ada hiburan live music di sini.
Sekian dulu deh ngomongin jamurnya. Makan jamur, yes! Jamuran, NO!

.:: Auf Wiedersehen

9 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s