Holland Bakery Jogja

Selasa malam, 11 Desember 2012..

Saya dan teman saya, sebut saja five*sungguh-ini-nama-sebenarnya* saat itu pulang dari pusat IT-nya Jogja(Jogjatronik). Seperti biasanya kalau pergi bareng, kami pasti mencari camilan atau makanan yang sekiranya nggak ada di desa Paingan (mumpung lagi di kota gitucrazy monkey 175).  Kali ini kami berniat ke Holland Bakery Jogja membeli donat Don-O. Kalau saya nggak salah ingat, ini adalah kali kedua saya ke tempat ini.

Holland Bakery berlokasi di Jl. Jend. Sudirman 48 C, Yogyakarta. Ketika masuk toko ini terasa sekali nuansa natalnya. Saya melihat mistletoe yang dirangkai menempel di bagian atas pintu masuk. Di dalam toko juga ada pohon natal besar, lengkap dengan hiasannya. Pemandangan ini bikin saya kangen rumah *sedih mengingat natal tahun ini saya nggak akan di rumahcrazy monkey 015*

Christmas Tree At Holland Bakery

Christmas Tree At Holland Bakery

Meski sudah jelas bahwa tujuan kami adalah membeli setengah lusin donat Don-O, kami tidak langsung ke etalase donat. Saya dan Five tetap saja keliling-keliling toko melihat-lihat roti lainnya. Saat itu ada aroma roti yang menghasut indra penglihatan saya untuk mencari-cari sumber aromanya. Aroma kopi! Mata saya lalu tertuju pada bungkusan coklat bertuliskan “MEXICAN Coffee Bun” plus tulisan “a chrispy ‘ROTI KOPI’ for all family” di bagian bawahnya.

Mexican Coffee Bun(Roti Kopi)

Mexican Coffee Bun(Roti Kopi) IDR 6,000

Karena terbungkus, saya nggak bisa melihat bentuk roti tsb. tapi aromanya mengingatkan saya pada “Roti Boy”, roti seharga 7ribu kegemaran saya yang memiliki aroma kopi yang kuat dan rasa yang enak.  Bayang-bayang Roti Boy itu sebenarnya sempat menggoda saya untuk membeli Mexican Coffee Bun(MCB) ini. Namun saya nggak tergoda, soalnya MCB ini slogannya saja ‘a chrispy roti kopi…’ tapi semua MCB yang tersedia di etalase itu sepertinya sudah nggak chrispy lagi(karena tempatnya ber-AC), belum lagi kalau MCB itu harus ‘masuk angin’ selama perjalanan pulang ke kost nanti..Hmm pasti sudah jauh dari kata ‘chrispy’. Menurut saya roti semacam ini seharusnya disajikan fresh from the oven.

Ngomong-ngomong soal bayang-bayang, dulu saya pernah membeli roti fire floss di tempat ini. Roti dengan topping abon. Ini mirip roti favorit saya di Bread Talk dan saya membeli fire floss di Holland kala itu karena bayang-bayang enaknya roti abon Bread Talk. Tapi ternyata rasanya nggak sejajar *harganya 6ribu, 2ribu lebih murah dibanding yang di Bread Talk *. Setelah itu saya agak trauma membeli roti yang berbayang-bayang(halah!)
Saya lalu melihat-lihat ke etalase lain crazy monkey 053dan berhenti di depan etalase dekat kasir. Di situ terpajang beberapa muffin.

Muffin Almond IDR 3,800

Muffin Almond IDR 3,800

Muffin keju

Muffin keju

Muffin Coklat

Muffin Coklat

Menurut saya harga kue khas inggris ini cukup terjangkau. Seperti singkong goreng, muffin ini sangat cocok dijadikan teman minum teh atau kopi di kala hujan(kalau di Inggris muffin biasa dinikmati saat musim dingin).

Meski sekarang musim hujan, saya nggak tergoda oleh pesona muffin inicrazy monkey 146. Saya memang berniat membeli roti lain selain donat tapi saya mencari roti yang rasanya tidak manis. Saya pun beralih melihat roti lainnya. Lalu saya melihat ada roti lucu, Golden Rabbit dan Choco Cat *kalau anak-anak pasti suka deh sama bentuk roti beginian*

Golden Rabbit IDR 6,000

Golden Rabbit IDR 6,000

Choco Cat IDR 6,000

Choco Cat IDR 6,000

Hmm..roti kucing ini mengingatkan saya pada seseorang yaituuu..diri saya sendiricrazy monkey 140*maap alasannya belum sanggup saya tuliskan sekarang*. Oke, kembali ke kucing, eh ke roti! Di Holland bakery ini saya lihat ada juga roti panjang mungkin adaptasi dari baguette gitu kali ya? ini nih penampakannya:

Baguette wannabe i guess :p

Baguette wannabe, I guess :p

Selain roti bungkusan yang rata-rata seharga 6ribu rupiah tadi, di Holland Bakery juga ada cake dan tart. Ada kumpulan potongan cake cantiiik yang menurut saya tampilannya benar-benar mempesona. Ini dia :

Red Velvet

Red Velvet

Ah, saya jatuh cinta sama si Red Velvet inicrazy monkey 003. Cake asal amrik tsb. akhir-akhir ini memang sangat populer, tak kalah populer dengan rainbow cake. Menurut saya ukuran potongan red velvet yang dijual di sini sangat pas, jadi kalau makan sepotong saya rasa nggak akan eneg. *duh, saya lupa nggak mencari tahu harganya*. Ada lagi, ini cake menarik yang dipajang di sebelah red velvet. Bagi saya yang menarik adalah kesendiriannya(?), soalnya cake ini tinggal sebiji doank, tampak mungil di pinggir nampan.

a lonely cute cake

a lonely cute cake

Masih satu etalase dengan cake potong, ada tart yang nggak kalah menawan seperti di bawah inicrazy monkey 089. Mungkin bisa dibeli saat dadakan butuh tart ultah.

Si Putih

Si Putih

dan ini mungkin merupakan tart wajib yang musti ada dan dipajang di toko roti, Black Forest :

Black Forest

Black Forest

Setelah keliling-keliling melihat semua roti, cake dan tart. Akhirnya saya dan five mendatangi etalase donat. Saat itu di etalase hanya terpajang sedikit donat. Sebenernya ada banyak pilihan tapi mas pramuniaga bilang yang  tersedia hanya yang ada di etalase. Jadi pilihan rasa donat yang bisa kami beli sangat terbatas. Kami pikir donat polosnya habis, tapi saat ditanyakan, pramuniaganya bilang donat polosnya masih ada dan toppingannya pun masih lengkap. *Terus kenapa dia nggak mbuatin donat yang fresh buat kami??crazy monkey 120*. Dulu saat kedatangan saya pertama kali ke Holland bakery(yang juga bersama five), saya milih donat yang ingin saya beli lewat katalog donat yang disediakan, lalu pramuniaganya membuatkannya, ia mengambil donat polos lalu memberi topping sesuai pesanan kami (jadi, donat baru dibuat setelah kami pesan).

Ini beberapa donat yang saat itu ada di etalase :

Don-O donuts

Don-O donuts IDR 3,500

Akhirnya saya dan five membeli satu paket berisi 6 buah donat seharga 20ribu Kalau beli bijian, harganya 3500 sebuah.

The donuts we bought

The donuts we bought

Donat warna ijo itu saya pikir rasa green tea, ternyata yang saya rasakan cuma manis doank. Donat coklat bertabur choco crunch itu juga pilihan khilaf saya karena ternyata choco crunch-nya melempemcrazy monkey 176 tapiii donat dengan topping almond itu enak!crazy monkey 022

Seperti niat saya, selain donat saya membeli 2 roti yang rasanya nggak manis yaitu kippen telur dan spicy chick. Ini roti cocok banget buat temen begadang, buat temen minum kopi lampung pemberian temen kostcrazy monkey 148.

Kippen telur IDR 3,700 & Spicy Chick IDR 6,000

Kippen telur IDR 3,700 & Spicy Chick IDR 6,000

Buat yang suka roti, cake dan kue saya rasa Holland menyediakan varian yang cukup lengkap. Selain itu harganya juga terjangkau. Tapi entah kenapa beberapa produk yang ditawarkan di sini mirip-mirip dengan produk brand lain yang populer. Mexican Coffee Bun yang mirip roti boy, fire floss ala bread talk, dan donat J.Co wannabe. Kalau dari segi rasa tiga produk itu, saya pilih punya brand lain. Namun kalau dari harga, produk di Holland ini memang lebih murah.  Yah, mungkin kadang perlu membenarkan pendapat “ada harga ada rasa”. Satu lagi yang membuat saya bingungcrazy monkey 100. Di papan nama toko roti ini tertulis “Holland”, tapi semua plastik bungkus rotinya bertuliskan “Be Living” dengan logo Mister Burger di pojok kanan bawah, lalu ada plang papan nama Don-O juga di luar toko, sedangkan di halaman Holland ada outlet Mister Burger komplit dengan kursi dan meja untuk yang ingin makan di tempat. Sebelum memutuskan untuk menyebutnya sebagai “Holland Bakery” dalam postingan ini, sebenernya saya sempat bingung mau menyebutnya apa soalnya ini semacam beberapa gerai yang ada di satu tempatcrazy monkey 140.

.:: Auf Wiedersehencrazy monkey 192

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s