Susahnya bikin handcraft berbentuk Vespa

Malam tadi saya berasa menjadi wanita sesungguhnya dehcrazy monkey 114, kenapa? karena saya menjahit, Saudara2! pake tangan pula. (Emm..menjadi wanita apa menjadi ibu-ibu ya tepatnya?crazy monkey 100)

Jadi ceritanya teman satu kost saya yang bernama beken Inul dapet job bikin souvenir pernikahan. Souvenir tersebut adalah handcraft gantungan kunci berbentuk vespa dari kain flanell. Pembuatan ‘vespa’ itu dibagi menjadi beberapa tahap dan dikerjakan oleh beberapa orang. Nah si Inul ini kebagian urusan jahit menjahit. Ia diminta menjahit pola-pola body vespa dari kain flanell  sebanyak 100 ekor butir. Setahu saya ini kedua kalinya dia dapet job menjahit handcraft. Tak jarang dia menjahit di kamar saya sambil ngobrol. Waktu dulu dia menjahit handcraft untuk kali pertama saya cuma ngelihatin aja, sama sekali gak kepikiran buat membantucrazy monkey 140 . Selain karena dia ga minta dibantu, saya juga ga menawarkan diri untuk membantu. Saya cukup tahu diri untuk tidak merusak seni hasil karya orang lain. Saya ini memiliki kecenderungan ‘pasti tidak rapi’ dalam mengerjakan segala sesuatu yg sangat butuh kerapian.

Tapi malam tadi saya berkesempatan mencoba menjahitnya dan ternyata alangkah ribetnya. Pertama musti menjahit sedikit demi sedikit pola dari kain flanell, terus masukin dakron lalu jahit lagi, selipin tali gantungan, jahit lagi, masukin dakron lagi, jahit lagi begitu seterusnya.

Dakron (bahan pengisi pola yang sudah dijahit)

Dan entah kenapa malam itu benang dan jarum yang saya pakai bersekongkol membuat saya ingin nyerah saat ‘vespa’ baru seperempat jadi. Benang bundet lah, sering lepas dari jarum lah, sungguh memperlambat kerja dan bikin geregetan.

Namun setelah disela makan malem, telpon sama nonton Running Man akhirnya saya bisa menyelesaikannya juga . Total waktu yang saya habiskan untuk menjahit sebutir ‘vespa’ itu mungkin sekitar 45menitan. Gak bisa bayangin kalau saya yg dapet job njahit 100 butir vespa itu, bisa-bisa pengantinnya udah nikah and punya anak souvenirnya baru jadi.crazy monkey 183

Setelah berhasil menjahit sebutir ‘vespa’, rasanya saya sangat terharu karena hasilnya sesuai dugaan. GAK ADA RAPI-RAPINYA!crazy monkey 105

My handmade

Gambar di atas adalah maha karyaku sedangkan gambar yang dibawah ini  adalah gambar yang menunjukkan kesenjangan kerapian antara buatanku dengan buatan yg sudah expert.

Mine(left), An Expert’s(right)

Melihat hasil jadi karya saya itu, saya langsung putuskan untuk menjadikannya satu-satunya ‘vespa’ buatan saya. Saya gak mau membantu njahit lagi. Cukup 1 saja ‘vespa unik’ di antara souvenir itu dan cukup 1 saja tamu pengantin yang kurang beruntung karena mendapatkan souvenir vespa buatan sayacrazy monkey 011.

Beberapa vespa yang sudah selesai dijahit

Selesai tahap penjahitan nantinya ‘vespa’ tersebut akan diserahkan ke orang lain yang tugasnya adalah menghias dan menempel dengan potongan-potongan flanell yang lain hingga menjadi sebuah gantungan kunci vespa yang yummy unik seperti di bawah ini:

Gantungan Kunci Vespa Flanell

Dulu saya pikir njahit begituan(?) adalah gampang dan simpel. Makanya pas Inul bilang bisa njahit sebutir dalam waktu 23 menit reaksi saya biasa saja, tapi setelah melakukannya sendiri? Oh my God! harusnya reaksi saya waktu dia berkata seperti itu adalah lariii crazy monkey 024, koprolcrazy monkey 115 , lalu tepuk tangan crazy monkey 148.

Begitulah kadang yang kita pandang mudah ternyata tak semudah pandangan kita.

Aniway, kapan-kapan saya mau buat benda handmade aah….ada yang mau? gratiiis deeehcrazy monkey 146

.:: Auf Wiedersehen🙂

Tinggalkan Balasan

