Kuning Tidak Selalu yang Mengambang

Saya adalah orang yang menjadikan kuning sebagai warna favorit sekalipun banyak anggapan kalau kuning itu norak, ngejreng, dan menyilaukan. Kuning juga dianggap lambang dukacita, dan orang-orang hampir selalu mengasosiasikannya dengan sesuatu   you-know-what yang mengambang di sungai.
Bagi saya kuning itu menyegarkan, cerah, semangat dan hangat. Akan tetapi, entah kenapa setiap saya mengutarakan bahwa saya menyukai warna kuning atau menunjukkan betapa tertariknya saya melihat benda berwarna kuning,  orang-orang di sekitar saya selalu lagi dan lagi menghubungkannya dengan  you-know-what. Sedikit banyak saya heran dan bertanya-tanya juga, aneh ya kalau suka warna kuning? memangnya yang bisa terlintas di pikiran orang-orang tentang kuning cuma  you-know-what?

Pasti ada donk makna positif warna kuning yang bisa dilihat? lalu iseng-iseng saya guling2 (baca; googling) demi mendapat pencerahan, berharap mendapat alasan bagus guna menjaga keteguhan hati saya untuk tetap menyukai warna kuning.
Kemudian saya menemukan artikel yang mengatakan bahwa arti warna berhubungan dengan emosi manusia, dan dapat menimbulkan pengaruh psikologis.  Meskipun belum bisa dipastikan  dari sudut pandang sains, tetapi pada umumnya warna akan memiliki pengaruh  didalam aspek kehidupan seseorang termasuk juga dari personalitinya .
Warna kuning dikatakan merujuk pada intelektualitas, ingatan, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, pemahaman, dan kebijaksaaan. Seseorang yang menyukai warna kuning konon katanya akan memiliki sifat cerdas, cukup santai mudah gembira, dapat membangkitkan energi dan mood, dan mempunyai cita-cita setinggi langit.

Namun, jika pribadi tersebut didominasi warna kuning secara berlebihan dapat mudah lelah, depresi, mudah marah dan cemburu.
Kuning merupakan warna persahabatan, juga dapat diartikan sebagai warna matahari yang memberi energi positif. Warna yang tajam dan fokus yang meningkatkan konsentrasi dan membuat orang tidak mengantuk. Oleh karena itu, katanya warna ini cocok dipakai untuk ruang kerja dan ruang belajar. Warna kuning juga membantu seseorang berpikir cepat, efisien, menghapus keraguan dan kebingungan.
Sebenernya banyak juga kan makna positifnya? Saya menyukai kuning dan bagi orang-orang yang mengenal saya, saya rasa mereka pasti bisa merasakan beberapa makna positif yang diinterpretasikan oleh warna kuning di atas tercermin pada diri saya. Semoga..
Auf Wiedersehen

2 comments

  1. Postingan yg bagus (y)

    Saya jga menyukai warna kuning, dan warna kuning adalah warna fovorit saya.

    Saya coba untuk menegaskan kpd hati saya bahwa warna kuning tidak seperti yang mereka pikirkan.

    Kita sama-sama memfavoritkan warna yang bagus, indah, dan menawan itu.

    salam kenal😉

Tinggalkan Balasan

